Jumat, 10 Juli 2009

Bagaimana Memilih Buku yang Baik untuk Anak Prasekolah

Setiap orang, terutama anak-anak senang akan cerita, dan buku adalah salah satu sumbernya. Buku merupakan cara yang luar biasa untuk berbagi rasa, pemikiran dan emosi. Bagi anak, tidak ada hal yang paling aman dan menyenangkan selain membaca buku bersama Ibu, Ayah, Kakek atau Nenek dan mempelajari banyak hal pada saat yang bersamaan. Anak-anak yang mencintai buku sejak dini akan menyukainya terus hingga dewasa. Namun memilih buku yang tepat bagi anak pra-sekolah bukanlah hal yang mudah.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah tidak ada “aturan” dalam memilih buku. Buku apapun yang disukai anak adalah baik. Tetapi jika Anda ingin meluaskan cakrawala mereka, Anda memerlukan panduan. Berikut beberapa hal umum yang dapat membantu Anda mencari buku yang berkualitas yang dapat menarik minat baca anak Anda.


*Buku Cerita Bergambar
Sebuah buku cerita untuk anak-anak pra-sekolah sebaiknya memiliki plot yang beralur cepat dan akhir yang memuncak (sekalipun ceritanya rumit). Tanyalah diri Anda dengan pertanyaan berikut:
• Akankah Anda menikmati kegiatan membacakan buku cerita bagi anak? Jika Anda menyukai buku tersebut, maka antusiasme Anda akan terkomunikasikan dengan baik pada anak.
• Apakah buku tersebut untuk menasihati atau mengajari? Buku yang baik tidak dengan sengaja bertujuan menyampaikan pesan namun ceritanya dapat membuat anak berpikir.
• Buku yang baik menghindari berbagai hal yang bias (tak jelas) apakah itu mengenai usia, gender maupun ras.
• Apakah buku tersebut ditokohi karakter kartun atau difilmkan di bioskop atau ditayangkan di TV? Buku seperti ini seringkali ditulis untuk alasan komersial dan bukan pilihan yang terbaik bagi anak.
• Apakah bahasa yang dipergunakan ritmikal dan imajinatif? Cobalah bacakan beberapa paragraf dengan lantang. Kata-kata yang disampaikan sebaiknya dapat diucapkan dengan jelas dan kalimatnya mudah dibaca.
• Apakah isi ceritanya membuat anak ingin mendengarkan kembali?
• Apakah plot ceritanya mengejutkan atau mudah ditebak? Apakah berisi cerita lucu? Apakah karakter tokohnya menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak biasa? Dengan kata lain, apakah bukunya menarik dan menyenangkan?
• Buku bergambar umumnya sebagai pintu pembuka ketertarikan anak terhadap seni. Akankah gaya ilustrasinya menggugah anak Anda? Cobalah meminjam beberapa buku perpustakaan yang memiliki beragam gaya ilustrasi dan perhatikanlah gaya ilustrasi mana yang anak Anda sukai.

* Buku Bergambar Nonfiksi
Buku nonfiksi bagi anak usia dini meliputi berbagai topik yang luas. Beberapa buku dapat membantu anak menyelesaikan masalah keseharian, seperti hadirnya adik bayi, hari pertama di sekolah, matinya hewan peliharaan, dsb. Buku lainnya menyediakan informasi mengenai sains, olah raga dan topik lainnya. Buku nonfiksi yang baik mengajak anak hanyut dalam sebuah pengalaman yang menarik.
Beberapa pertanyaan sebagai bahan pertimbangan:
• Apakah tulisannya cukup jelas dan sampai pada tujuan? Apakah topiknya menarik bagi anak?
• Apakah ilustrasi dapat mengekslorasi dan memperkuat kesan cerita?
• Siapakah penulisnya? Apakah ia memiliki keahlian khusus mengenai bahasan (topik) yang ditulisnya?
• Apakah pemakaian bahasanya menarik dan hidup? Buku nonfiksi tidak pernah kering dan membosankan.
• Berapa banyak fakta yang diberikan pada setiap halaman? Buku nonfiksi kadangkala berisikan informasi yang berlebihan dari apa yang dapat anak terima.
* Mintalah saran pada pustakawan atau pemilik toko buku untuk memilihkan buku yang tepat bagi anak pra-sekolah
Siapkan jawaban mengenai hal apa saja yang disukai anak Anda. Tanyakan mengapa ia menganjurkan buku tertentu. Seharusnya ia dapat memberikan alasan: “Karena akhir ceritanya menarik.” Atau “Ilustrasinya sangat lucu dan membuat anak-anak tertawa.”

Bacalah buku tersebut sebelum Anda membeli dan membawanya pulang. Yakinkan pilihan Anda. Jika buku tersebut tampaknya tidak sesuai untuk Anda dan anak Anda, carilah buku lain. Pustakawan atau pemilik buku dapat memberikan informasi mengenai buku yang memenangkan penghargaan. Tapi informasi ini tidak perlu terlalu dipegang karena beberapa buku bisa saja hanya memenangkan ilustrasinya saja, tidak dengan ceritanya. Tidak perlu risau dengan berapa banyak penghargaan yang diraih jika buku tersebut tampaknya tidak sesuai untuk Anda dan anak Anda.

(Diterjemahkan dari tulisan Ellen Jackson, ia adalah pengajar di PreSchool dan TK di Amerika dan telah mendapatkan penghargaan atas penulisan lebih dari 50 buku cerita anak.)





0 komentar:

Cari Artikel

Wikipedia

Hasil penelusuran

Chat Yukkkk...

Pilih Materi IPA

Link Pendidikan

Link Teman

Fenomena Alam

Link Berita

Gerhana Matahari

Hujan Asam

Hujan Asam

Modal Dengkul